Skybridge Indonesia
SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNA
Syarat dan Ketentuan Pengguna ini (“Syarat dan Ketentuan Skybridge Indonesia”) beserta seluruh lampiran dan/atau rujukan di dalamnya merupakan pengikatan hukum antara Pengguna baik dengan Skybridge Indonesia maupun dengan Mitra sehubungan dengan penggunaan Pengguna atas Aplikasi Skyporter milik Skybridge Indonesia.
Dengan mengakses atau menggunakan Aplikasi Skyporter, Pengguna sepakat untuk tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan Skybridge Indonesia dan ketentuan-ketentuan lainnya sehubungan dengan Aplikasi Skyporter (“Ketentuan Skybridge Indonesia”). Pengguna diwajibkan untuk membaca Syarat dan Ketentuan Skybridge Indonesia dengan seksama sebelum menggunakan Aplikasi Skyporter. Apabila Pengguna tidak sepakat dengan Syarat dan Ketentuan Skybridge Indonesia, maka Pengguna tidak diperkenankan untuk menggunakan Aplikasi Skyporter.
- “Akun Skyporter” berarti akun yang diperoleh Pengguna setelah menyelesaikan pendaftaran pada Aplikasi Skyporter sebagaimana didefinisikan pada Pasal 2.1;
- “Aplikasi Skyporter” berarti aplikasi yang dimiliki dan dikelola oleh Skybridge Indonesia, yang dapat diakses melalui mobile application yang dapat diunduh dan tersedia untuk platform ‘Android’ dan ‘iOS’;
- “Customer Care” berarti customer service atau helpdesk yang disediakan oleh Skybridge Indonesia untuk membantu Pengguna dalam menangani pertanyaan teknis terkait dengan Aplikasi Skyporter;
- “Donasi” memiliki arti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 3.1 (d);
- “Gereja” berarti gereja yang dikelola oleh Mitra;
- “Grup” berarti setiap kelompok virtual yang dibuat oleh Pengguna melalui fitur yang tersedia dalam Aplikasi Skyporter;
- “Hari Kerja” berarti hari selain Sabtu dan Minggu, atau hari libur nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia, dimana bank-bank di DKI Jakarta beroperasional secara normal;
- “HKI Skybridge Indonesia” memiliki arti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 13.1;
- “Kebijakan Privasi Skybridge Indonesia” berarti kebijakan priviasi yang berlaku sehubungan dengan penggunaan Aplikasi Skyporter;
- “Ketentuan Skybridge Indonesia” berarti seluruh ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh Skybridge Indonesia sehubungan dengan Aplikasi Skyporter, selain Syarat dan Ketentuan Skybridge Indonesia ini;
- “Konten Yang Dilarang” berarti konten-konten yang dilarang untuk diunggah dan digunakan dalam Aplikasi Skyporter, sebagaimana tertera pada Lampiran II;
- “Mitra” berarti pihak yang menggunakan sistem dan aplikasi yang dimiliki Skybridge Indonesia dalam kegiatan pengelolaan Gereja;
- “Pengguna” berarti Pengguna terdaftar yang telah melakukan proses pendaftaran pada Aplikasi Skyporter, sebagaimana didefiniskan pada Pasal 2.1;
- “Penutupan Akun” berarti penutupan Akun Skyporter milik Pengguna yang dapat dilakukan oleh Skybridge Indonesia atau Pengguna, sebagaimana didefinisikan pada Pasal 6;
- “Pernyataan dan Jaminan Pengguna” berarti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 7;
- “Perselisihan” berarti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 16.2;
- “Penyedia Layanan” berarti perusahaan payment gateaway terkemuka yang bekerjasama dengan Skybridge Indonesia untuk memfasilitasi Pengguna dalam melakukan Donasi;
- “Skybridge Indonesia” berarti Skybridge Indonesia, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia, beralamat di EightyEight@Kasablanka Office Tower, Lantai 38, Jl. Casablanca Kav 88, Jakarta Selatan 12870; dan
- “Syarat dan Ketentuan Skybridge Indonesia” berarti syarat dan ketentuan ini.
- Melakukan pendaftaran dan memasukkan data-data Pengguna;
- Mengakses laman berita dari Aplikasi Skyporter dan menyebarkan konten-konten di dalamnya kepada Pengguna lain melalui fitur 'share to';
- Menyampaikan ‘permintaan doa’ dan ‘laporan doa yang terkabul’, serta melihat riwayat dari hal-hal tersebut;
- Memberikan donasi secara online melalui metode pembayaran yang terdapat pada Aplikasi Skyporter (“Donasi”)
- Mengakses konten, artikel atau renungan harian yang tersedia pada Aplikasi Skyporter;
- Mencari Grup dan menghubungi pemimpin dari Grup agar Pengguna tersebut dapat bergabung ke dalam Grup;
- Mencari dan mengikuti acara-acara yang akan diadakan oleh Mitra, untuk kemudian melakukan pendaftaran dan pembayaran (jika diperlukan); dan
- Menggunakan fitur ‘check-in’ untuk mencatat kehadiran di acara yang telah didaftarkan menggunakan ‘QR Code’.
- Pengguna tidak akan memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran atau data pembayaran kepada pihak manapun selain Skybridge Indonesia. Apabila terjadi kerugian yang dialami oleh Pengguna akibat dari pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain, maka hal tersebut merupakan tanggung jawab penuh Pengguna;
- Keterlambatan proses pembayaran dan kemungkinan adanya biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang digunakan Pengguna dengan bank yang digunakan oleh Skybridge Indonesia adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi; dan
- Donasi yang disalurkan oleh Pengguna bukan merupakan dana yang berasal dari hasil tindak pidana, antara lain, korupsi, penyuapan, narkotika, penyelundupan tenaga kerja, perjudian, terorisme, penggelapan, penipuan, penculikan, pencurian, pedagangan orang, prostitusi, pemalsuan uang, yang dilakukan di wilayah negara Republik Indonesia atau di luar wilayah negara Republik Indonesia dan tindak pidana tersebut merupakan tindak pidana menurut hukum Indonesia.
- mengirimkan rincian dan penjelasan terkait dengan kronologis kejadian dan kendala yang dihadapi melalui email info@skybr.id; dan
- jika masalah menyangkut konten atau data Pengguna yang tidak tepat atau kurang lengkap, maka Pengguna perlu menghubungi Mitra dan/atau Gereja yang bersangkutan karena Skybridge Indonesia tidak bertanggungjawab dan tidak memiliki wewenang untuk mengakses data Mitra dan/atau Gereja tanpa seizin mereka.
Syarat dan Ketentuan Skybridge Indonesia berlaku efektif sejak proses pendaftaran Pengguna selesai dilakukan, dan akan terus berlaku selama Pengguna menggunakan Aplikasi Skyporter kecuali diakhiri oleh Pengguna atau Skybridge Indonesia. Apabila Pengguna bermaksud untuk mengakhiri Syarat dan Ketentuan Skybridge Indonesia, Pengguna dapat melakukannya dengan cara menutup Akun Skyporter melalui fitur penonaktifan akun yang disediakan melalui Aplikasi Skyporter atau dengan menghubungi Skybridge Indonesia melalui email info@skybr.id dengan memberikan informasi atau alasan penutupan Akun Skyporter (“Penutupan Akun”).
Sehubungan dengan penggunaan Aplikasi Skyporter oleh Pengguna, Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin (“Pernyataan dan Jaminan Pengguna”) bahwa:
- Pengguna adalah individu yang secara hukum cakap, dan mampu mengikatkan dirinya dalam suatu perjanjian yang mengikat berdasarkan hukum negara Republik Indonesia;
- Seluruh data dan/atau informasi yang Pengguna berikan kepada Skybridge Indonesia adalah benar dan akurat, dan Pengguna menjamin bahwa data dan/atau informasi tersebut adalah milik Pengguna; dan
- Seluruh konten yang digunakan dan/atau diunggah oleh Pengguna ke dalam Aplikasi Skyporter tidak melanggar hak atas kekayaan intelektual pihak manapun.
Sehubungan dengan penggunaan Aplikasi Skyporter oleh Pengguna, Pengguna dilarang untuk:
- Menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, perangkat lunak (software), fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk memanipulasi pada Aplikasi Skyporter, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) manipulasi data Mitra; (ii) kegiatan peramban (crawling/ scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam Donasi; dan/atau (iv) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem;
- Memodifikasi segala bentuk digital dari materi apapun yang diambil dari Aplikasi Skyporter;
- Dengan cara apapun, menggunakan atau memperkenalkan, termasuk namun tidak terbatas pada, virus, worm, trojan horse, logger keystroke, spyware, atau fitur serupa lainnya, yang dapat mengganggu, merusak, merugikan, mengambil alih sistem, jaringan atau data pribadi yang terdapat pada Aplikasi Skyporter;
- Berupaya mendapatkan akses ilegal ke Aplikasi Skyporter, Akun Skyporter, sistem komputer atau jaringan yang terhubung ke server Skyporter, melalui peretasan, penambangan kata sandi atau cara lain apa pun atau mengganggu atau berusaha mengganggu kerja Aplikasi Skyporter;
- Menghapus, menonaktifkan, merusak, atau mengganggu fitur-fitur yang terkait dengan keamanan dari Aplikasi Skyporter;
- Lisensi, sub-lisensi, menjual, menjual kembali, mentransfer, menetapkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia untuk pihak ketiga Aplikasi Skyporter;
- Memodifikasi atau membuat karya turunan berdasarkan materi pada Aplikasi Skyporter, atau medekompilasi, menguraikan, merekayasa balik atau membongkar atau mencoba untuk memperoleh kode sumber atau ide atau algoritme yang mendasari bagian mana pun dari Aplikasi Skyporter untuk membangun produk atau layanan yang kompetitif; membangun produk menggunakan ide, fitur, fungsi, atau grafik serupa dari Aplikasi Skyporter, atau menyalin ide, fitur, fungsi, atau grafik dari Aplikasi Skyporter; dan/atau
- Menyebabkan atau meluncurkan program atau skrip apapun dengan tujuan menggores, mengindeks, mensurvei, atau data lainnya menambang bagian mana pun dari Aplikasi Skyporter.
- Pembekuan Akun Skyporter untuk waktu yang tidak ditentukan; dan/atau
- Melakukan Penutupan Akun Skyporter apabila Pengguna tidak memperbaiki pelanggarannya dalam jangka waktu 1 (satu) bulan setelah menerima pemberitahuan dari Skybridge Indonesia mengenai pelanggarannya.
- Segala sesuatu yang terkait dengan Aplikasi Skyporter, disediakan kepada Pengguna “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia”. Skybridge Indonesia tidak membuat pernyataan dan jaminan atas konten atau pengoperasian Aplikasi Skyporter. Pengguna memahami bahwa penggunaan Aplikasi Skyporter merupakan risiko dan tanggung jawab Pengguna sendiri; dan
- Skybridge Indonesia tidak membuat pernyataan dan jaminan dalam bentuk apapun tentang kondisi, akurasi, keandalan, kelengkapan baik konten maupun layanan Skyporter, serta tidak membuat pernyataan dan jaminan bahwa Aplikasi Skyporter adalah platform yang sempurna. Sangat dimungkinkan untuk terjadinya gangguan, kesalahan, kekeliruan, infeksi virus atau kode atau program komputer yang berjalan secara otomatis, yang mengandung sifat merusak atau yang dimaksudkan untuk merusak, mencegah dan mengambil alih sistem, data atau informasi pribadi Pengguna yang terdapat dalam Aplikasi Skyporter.
- Skybridge Indonesia, melalui Aplikasi Skyporter menyediakan layanan yang dapat memfasilitasi interaksi antara Mitra dan Pengguna. Hubungan antara Pengguna dan Mitra adalah tanggung jawab Pengguna dan Mitra. Oleh karena itu, Pengguna memahami bahwa tanggung jawab Skybridge Indonesia hanya sebatas menyediakan Aplikasi Skyporter sebaik mungkin;
- Penggunaan, penyaluran, dan/atau pengelolaan Donasi yang diberikan Pengguna melalui Aplikasi Skyporter, merupakan sepenuhnya tanggung jawab Mitra. Pengguna memahami bahwa Skybridge Indonesia tidak betanggung jawab atas penggunaan, penyaluran dan/atau pengelolaan Donasi;
- Sejauh dimungkinkan oleh hukum yang berlaku, Skybridge Indonesia tidak bertanggung jawab dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut Skybridge Indonesia untuk bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh:
- Pelanggaran Pengguna atas Syarat dan Ketentuan Skybridge Indonesia dan/atau Ketentuan Skybridge Indonesia;
- Petunjuk lain yang tersedia dalam Aplikasi Skyporter;
- Keterlambatan atau gangguan pada Aplikasi Skyporter;
- Perselisihan antar Pengguna;
- Pencemaran nama baik pihak ketiga lain;
- Virus atau perangkat lunak (software) yang diperoleh dengan mengakses atau menghubungkan ke Aplikasi Skyporter;
- Gangguan, bugs, kesalahan atau ketidakakuratan dalam bentuk apapun pada Aplikasi Skyporter; dan/atau
- Akses ilegal terhadap Akun Skyporter milik Pengguna.
Pengguna dapat melihat Kebijakan Privasi Skybridge Indonesia di link berikut. Dengan menggunakan Aplikasi Skyporter, maka Pengguna dianggap sepakat atas Kebijakan Privasi Skybridge Indonesia, dan memberikan hak kepada Skybridge Indonesia untuk menggunakan dan menyimpan informasi Pengguna untuk kepentingan pengembangan Aplikasi Skyporter sesuai dengan Kebijakan Privasi Skybridge Indonesia dan sepanjang diperbolehkan oleh hukum yang berlaku.
Skybridge Indonesia berhak dan memiliki kewenangan penuh untuk sewaktu-waktu mengubah dan/atau menambah Syarat dan Ketentuan Skybridge Indonesia dan/atau Ketentuan Skybridge Indonesia. Setiap perubahan akan diinformasikan ke email terdaftar Pengguna. Ketentuan yang baru akan berlaku efektif 24 (dua puluh empat) jam setelah diumumkan. Apabila Pengguna tidak bersedia untuk terikat pada ketentuan yang baru, maka Pengguna dapat melakukan Penutupan Akun. Apabila Pengguna tidak melakukan Penutupan Akun, maka Pengguna dianggap telah bersedia untuk terikat pada ketentuan yang baru.
- Kartu Kredit;
- Transfer melalui ATM/internet banking/mobile banking ke Virtual Account; atau
- Go-Pay (apabila Gereja dan/atau Mitra setuju menggunakan metode pembayaran ini).